Senin, 05 Maret 2012

Tips Merawat Laptop






Kalo pada pembahasan sebelumnya saya ngasih tips Bagaimana Memilih Laptop, pada bagian ini saya akan coba ngasih sedikit tips gimana si cara ngrawat laptop yang baik dan benar,,??  Berikut Tips dari saya,, Cekidot,,


  1. Bersihkan laptop secara berkala dengan kain yang lembut untuk monitor dan kuas untuk membersihkan keyboard.  Bisa juga menggunakan cairan khusus pembersih layar untuk membersihkan layar laptop.
  2. Usahakan jangan memakai laptop lebih dari 5 jam.  Istirahatkan laptop sejenak (sekitar 15 menit) biar dingin, ini akan menjaga keawetan komponen di dalam laptop.   Toh mata kita juga butuh istirahat kan..?
  3. Update antivirus secara berkala.  Gak pengen kan data-data penting jadi rusak atau hilang gara-gara virus, apa lagi malah laptop jadi sarang virus, ampun deh,,
  4. Gunakan kipas khusus untuk laptop.  Jadi kalau laptop harus beroprasi cukup lama, kipas ini akan membantu mengurangi panas pada laptop.
  5. Jauhkan laptop dari kipas angin atau speaker, ini berguna untuk menghindari kerusakan pada layar karena daya magnet yang cukup kuat dari kipas angin dan speaker.
  6. Instal software yang perlu-perlu aja.  Klo kebanyakan program, otomatis kerja laptop juga makin lelet.
  7. Luangkan sedikit ruang tiap drive pada hardisk, jangan terlalu diisi full, karena selain kinerja laptop tambah berat, juga menyimpan terlalu full pada hardisk akan membuat hardisk cepat jebol. Nah lo...
  8. Defrag hardisk secara berkala, biar kinerja laptop tetap terjaga.
  9. Biar speaker laptop lebih awet, jangan di pol-lin volume pada laptop, cukup 75% aja, kalo perlu sambungkan ke speaker luar atau headset, biar lebih mantep suaranya.
  10. Sebisa mungkin hindari benturan.  Memang beberapa merk menawarkan kelebihan tahan banting pada laptop, tapi lebih baik kan kalo dihindari yang namanya benturan.
  11. Hindari tempat yang lembab biar komponen awet alias biar gak karatan..
  12. Kalau bisa gunakan tas laptop yang cukup tebal untuk mengurangi benturan ketika laptop harus dibawa kemana-mana.
  13. Jangan direndam,,,,  (Klo tu si semua orang juga tau...  ha ha ha)

Sekian dulu ya tipsnya,, sampe ketemu pada artikel-artikel berikutnya,, Semoga Bermanfaat,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management